PEMBUATAN ANIMASI DENGAN MENGUNAKAN FLASH 8

cara pembuatan animasi mengunakan flash 8
1Berikut akan dijelaskan teknik-teknik pembuatan animasi dasar mengunakan Macromedia Flash 8.1. Animasi Dasar Motion TweenAnimasi ini merupakan animasi yang paling dasar karena animasi ini pada prinsipnya adalah pergerakansuatu objek (motion), seperti halnya definisi animasi yaitu teks/gambar yang bergerak.Langkah 1:Buat objek lingkaran menggunakan Oval Tool (C+O)Langkah 2:Seleksi objek menggunakan Selection Tool (C+V) atau Ctrl + A, untuk menyeleksi objek lingkaran.Setelah itu, klik kanan Convert to symbol pilih Movie ClipGambar 1. Jendela dialog Convert to Symbol (F8)Langkah 3:Pilih frame 20 pada Layer 1 di Timeline, setelah itu klik kanan dan Insert Keyframe. Geser objek ke arahkanan kembalikan objek ke frame 12Langkah 4:Pada Properties di bawah stage pilih Tween Motion. Jika langkah benar, maka di bagian layer 1 akanmuncul panah dari frame 1 ke frame 20. Untuk menjalankan animasi: Enter atau Ctrl + Enter untukmelakukan Test Movie.Gambar 3. Jendela Dialog Pemilihan Jenis AnimasiUntuk menghentikan test movie Ctrl + WCATATAN:Animasi berhasil jika dalam layer terdapat tanda panah ( ). Jika belum berhasil (garis dalam layer berupagaris putus-putus), ulangi langkah Anda sampai berhasil !Sebagai latihan dengan jenis motion tween Anda dapat membuat:Animasi bola pantulAnimasi tersebut berupa bola yang berpantul dari suatu titik ke titik yang lain, misalnya dari titk A ke B,dari B ke C dan seterusnya. Untuk pengembangan Anda juga dapat menambahkan background/gambarlatar belakang, caranya dengan menambahkan layer baru yang dilengkapi dengan keyframe sepanjangobjek tersebut berjalan.Gambar 4. Ilustrasi Bola PantulAB32. Animasi Motion ShapeAnimasi bentuk/shape dibedakan menjadi 2 bagian yaitu:a. Animasi bentuk dengan objek statis/diam di tempatb. Animasi bentuk dengan objek dinamis/bergerak (ada motion-nya)Yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membuat animasi bentuk baik yang statis ataupun dinamisadalah bahwa objek tidak perlu di Convert to Symbol.a. Animasi Bentuk StatisLangkah-langkahnya:Langkah 1:Buat objek lingkaran dengan Oval Tool.Langkah 2:Klik Frame 30, kemudian Insert Keyframe.Langkah 3:Ubah bentuk lingkaran menjadi bentuk bukan lingkaran, menggunakan subselection tool.Langkah 4:Klik frame 1, pilih tween-shape di bawah stage.Langkah 5:Tekan Enter untuk Play atau Ctrl + Enter untuk Test Movie.Gambar 5. Perubahan bentuk objek dari Frame 1 ke Frame 30b. Animasi Bentuk DinamisJenis animasi ini merupakan pengembangan dari animasi bentuk statis. Pada jenis animasi ini akandiberikan contoh objek kotak berubah menjadi teks kotak.Langkah-langkahnya adalah:Langkah 1:Buat bentuk objek bentuk kotak di frame 1 menggunakan rectangle tool.Langkah 2:Klik frame 40, insert keyframe.Langkah 3:Pindahkan objek kotak dari frame 1 ke frame 40 setelah itu hapus objek dengan Delete.Langkah 4:Masih di frame 40, buat teks KOTAK, lalu tekan Ctrl + B (2x), agar teks terkonversi menjadi objek.Lankah5Kembali ke frame 1, pilih tween-shape, tekan Enter.Gambar 6. Perubahan objek kotak menjadi teks "KOTAK"Sederhana dan mudah bukan ?Untuk pengembangan Anda dapat membuat animasi berikut:i. Animasi Tumbukan FisikaIlustrasi:Objek mobil bergerak dari titik A ke titik B. Objek truk bergerak dari C ke B. Titik B merupakan titktengah A dan C. Di titik B kedua objek bertemu dan terjadi tumbukan. Namun karena objek truk lebihbesar dan kuat maka objek truk hanya bergerak beberapa meter saja, sedangkan objek mobil terpelantingjauh.Bagaimanakan animasinya ? Berkhayalah .....ii. Animasi Bola SodokIlustrasi:Buatlah background area billiard dengan satu stcik dan 2 bola, misalnya bola A dan B. Setelah itu stickakan menyodok bola A dan mengenai bola B, bola A dan bola B sama-sama terpental hanya karenamenyodoknya tidak terlalu keras, maka bola A terpental lebih pendek daripada bola B. Bagaimanakahanimasinya ?Animasi ini dapat dikembangkan dengan jumlah bola lebih banyak, area billiard ada lubangnya dan bolayang dsodok berturutan dan lebih banyak.3. Animasi Motion PathAnimasi ini merupakan dasar dari animasi game balapan mobil atau motor, yaitu bahwa mobil/motorbergerak mengikuti jalur/track yang sudah ditentukan. Hati-hati dalam membuat animasi ini, karenalangkah tidak sesuai prosedur, maka animasi tidak akan berhasil.Langkah-langkah:Langkah 1:Buat objek persegi menggunakan rectangle tool dan convert object to symbol (F8), pilih Movie ClipLangkah 2:Klik kanan pada layer 1, pilih Add Motion GuideLangkah 3:Buat jalur bebas menggunakan Pencil Tool di layer guideLangkah 4:Gunakan Selection Tool, klik frame 30, dan insert keyframe di layer guide5Langkah 5:Pilih kembali layer 1, frame 1, pindahkan objek ke pangkal jalur, posisikan objek dengan tepat, sehinggaterlihat lingkaran kecil di tengah-tengah objek persegiGambar 7. Posisi layer dan Guide LayerGambar 8. Posisi Objek setelah diletakkan di pangkal jalurLangkah 6:Klik frame 30 pada layer 1, lalu Insert KeyframeLangkah 7:Pindahkan objek dari pangkal ke ujung sesuai jalur yang dibuat, hati-hati pada langkah ini !Langkah 8:Klik kembali frame 1 pada layer 1 kemudian pilih Tween MotionLangkah 9:Tekan Enter untuk Play animasi yang baru saja Anda buat, jika belum berhasil ulangi langkah-langkahtersebutMasih banyak animasi-animasi yang dapat dibuat dengan Macromedia Flash, namun langkah-langkah yangdiberikan di atas kiranya dapat panduan bagi pemula yang ingin belajar animasi Flash. Selamat mencoba,semoga berhasil ....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design