pembuktian zidane

hampir semua pesepakbola tob dekade 1950-n punya biografi dan prolog yang sama .mereka lahir dari keluarga miskin yang tinggal di kota besar .mereka kemudian tumbuh dengan bermain bola di jalanan .bakat bersinar ,tapi sekolahnya berantakan ,mereka lalu mulai teken kontrak dengan klub-klub kecil .selanjutnya ,menapaki jalur profesional .setelah jadi bintang ,umumnya mereka tetap sadar dari mana mereka berasal.mereka tak jadi sombong .ketenaran tak mengubahnya ,begitu komentar orang .begitulah cerita klise tentang bintang-bintang era 50-an
yazid punya sejarah yang hampir sama klisenya.ia lebih di kenal dengan pangillan masa kecilnya zidane.dan jadi bintang internasional dengan nama peberian publik prancis,ZIZOU.
ia berjaya di arena piala dunia bersama tim nasional negaranya prancis lalu di nobatkan sebagai world footballer of the year.ia juga dua kali memenangkan scudetto seri A italia bersama juventus.meski begituia tetap rendah hati .
ia selalu sopan kepada para wartawan .di lapangan ia jarang sekali berkelakuan seperti layaknya seorang pemain terhebat dunia .
lihat saja rekaman pertandingannya .setelah gol - gol yang di ciptakannya ,aia memang kelihatan senang tapi sebatas seperti orang yang senag karena menerima hadia ulang tahun ,bukan kesenagan yang meluap -luap seperti maradona pada piala dunia 1978 atau romario di amerika serikat ,beberapa puluh tahun yang lalu.
jika tahu yang di pikirkanya ,atau siapa sebenarnya ,kita pasti akan membangun figur zidane sesuai pikiran kita .seperti sebagai orang prancis pernah menyebutkan monkish,hanya karena potongan rambutnya.
sekarang saja ,banyak mengatakan ia masih jauh dari layak untuk mendapatkan status pemain legendaris .
keluarga keturunan aljazair itu tinggal di sebuah flat yang padat penghuni .umur empat tahun ,zidane sudah mahir bersepeda tanpa empat roda pengaman .selanjutnya ia mulai suka main bola dengan kakak-kakaknya.
usia delapan tahun yazid bergabung dengan tim sepak bola lokal,tiap kali berlatih atau bertanding,ia selalu di antar dengan ayahnya menggunakan mobil renault 12 yang mungil
tiap ia bermain ayahnya mengenag saya harus membuat selembar surat identifikasi yang membuktikan umur zidane sebenarnya .sebab lawanya selalu mengira ia bermain di kelompok umur yang salah ia memang bongsor sehingga lebih tampak tua ketimbang usia sebenarnya .
selain masuk klub sepakbola ia yazid kecil pun ikut berlatih judo,meski begitu sepak bola tetap prioritas utamanya ,ia menyulap flat padat penghuni tempat tinggalnya jadi lapangan bola indoor.
di dalam rumah pun ia susah berhenti menedang -nengdang bola kata smailakibatnya banyak barang di ruangan makan banyak yang hancur berantakan.
suatu hari dokter keluarga itu menyodorkan pilihan kepada yazid mau pilih sepak bola atau judo
ia tak bisa menjalani keduanya sebab akan merusak tubuhnya yang tengah bertumbuhsepak bola itulah yang di pilih yazid ia lalu bergabung dengan nuorredine,kakanya di SO septiemes-les-vallons,satu klub amatir di marseille.
santonero,pelatih klub itu mengenag yazid sebagai bocah yang mempunyai kemampuan dan prospek cerah .ia sudah memiliki semuanya tak banyak yang harus di pelajari mungkin hanya sedikit positioning ,santonero menerangkan dengan kualitas skilnya juga tinggi badanya ia betul-betul tipe pemain alami .
zidane muda begitu terobsesi terhadap ide-ide keadilan tak heran kalau ia pernah ingin menjadi polisi,untung ,lagi - lagi sepak bola yang di pilihnya ,
zidane bergabung dengan klub propesional pertamanya AS cannes pada usia 14 tahun
waktu itu,veteran pencari bakat jean varraud ,begitu tertarik dengan permainanya .
ia seperti bicara dengan bola kata varraud,mengingat pertemuan pertamanya dengan zidane ,saya tak pernah melihat yang seperti itu .yazid punya kualitas seorang pahlawan .
untuk menarik yazid cannes harus mati -matian meyakinkan orang tuanya agar mengizinkan syarat berat dari smail dan malika pun di penuhi: yazid harus di tempatkan di keluarga yang membodi klub barunya ,zidane di pasang sebagai pemain tengah ia berhasil membantu klubnya ini berpromosi ke divisi satu pada 1994 dan tiba - tiba ia sudah menjadi pusat perhatian sepak bola perancis
ia memulai debut internasionalnya pada agustus 1994 mencetak kedua gol dalam pertandingan seri 2-2 , perancis lawan republik ceko .permainan gemilangnya begitu menyita perhatian klub-klub besar eropa .
alex ferguson ,pelatih manchester united ,dengan segera melihat zidan punya potensi menggantikan eric cantona ,selama musim 1995/1996,ia sempat nonton zidane 10 kali tiga kali terbang ke prancis ,
kusus untuk bertemu zidane
bagi zidane ,semua polemik itu bukan hal yang perlu dipusingkan ,seperti biasa ia berkonsentrasi di karirnya yang sampai saat ini selalu di ingat orang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design