sistem oprasi ngadat data selamat


ketika anda beli komputer ,buruan bikin minimal 2 patisi.parisi pertama untuk sistem oprasi.partisi lain untuk data.kalau ada dua sistem oprasi dalam satu komputer,tambah lagi satu atau dua partisi.

itu kalo komputernya cuma ada satu hard disk.kalau ada dua hard disk,tampung semua dat di hard disk yang tidak di instal sistem oprasi.kalau mau lebih aman ,bikin back-up data yang penting di hard disk external.toh,harga hard disk external tidak terlalu tinggi dengan uang 500 ribuan kita bisa bawa pulang sebuah hardisk external berkapasitas 160 GB .kalo ada back-up kita tidak akan kehilangan data kalau hardisk di komputer crash.

nah,untuk mencegah hardisk crash ,kita bisa pakai disk cleanup dan dis defragmenter.keduanya sudah tersedia di windows .

disk cleanup di pakai untuk membersihkan data yang sudah tidak di pakai sedangkan di sefragmenter di pakai untuk merapihkan isi hardisk sehingga kerja hardisk tidak terlalu berat.

oh ya back-up data tidak harus di dalam harddisc .back-up bisa pula di simpan di internet.bukankah zamanya komputer di awanalias cloud computing?artinya,semua file di taruh di awan(baca internet)sehingga bisa di akses di mana - mana.


jauh-jauh dari malware

meskipun tren malware mencuri data ,bukan berarti tak ada malwre yang merusak data.nyatanya,ada beberapa malware ,apalagi malware lokal,yang sengaja untuk di buat untuk merusak data.contohnya adalah virusfullhouse w32/autorun.GUB yang menembunyikan data.

malware bisa mengubah registri,menunggu proses suatu program ,dan merusak file penting sehingga sistem tidak stabil dan bahkan crash.malah ada malware yang mengubah suatu fileitu tidak lagi bisa dipakai.gawat euy

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design